Data

Terkait dengan database terdapat istilah dasar yang disebut data. Awalnya data menyatakan fakta yang dapat direkam dan disimpan pada media komputer; misalnya hard disk. Nama, alamat, kota tempat tinggal seorang pelanggan menyediakan suatu data. Namun perlu diketahui bahwa data pada masa sekarang tidak sekedar hanya berupa teks seperti itu, tetapi juga bisa berupa dokumen, gambar, suara ataupun potongan video.

Definisi data
  1. Kadir(2003)

    Data Deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai.

  2. Laudon(1998)

    Data adalah fakta – fakta mentah yang mewakili kejadian – kejadian yang berlangsung dalam organisasi atau lingkungan fisik sebelum ditata dan diatur ke dalam bentuk yang dapat dipahami dan digunakan orang lain.

  3. Wilkinson (1992)

    Data adalah fakta, angka, bahkan simbol mentah. Secara bersama – sama merupakan masukan bagi semua suatu sistem informasi.

Dapat disimpulkan bahwa data adalah suatu bahan mentah yang kelak dapat diolah lebih lanjut menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Data inilah yang nantinya akan disimpan dalam database.

Informasi

Istilah lain yang seringkali rancu dengan data adalah informasi. Dalam kenyataan, kedua istilah ini seringkali dipertukarkan. Meski begitu, perbedaam kedua istilah tersebut perlu dijelaskan. Pertama – tama akan diberikan beberapa definisi mengenai informasi.

Definisi informasi
  1. Davis (1999)

    Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.

  2. Hoffer, dkk. (2005)

    Informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakannya.

  3. Laudon (1998)

    Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang bermakna dan bergna bagi manusia.

Dapat disimpulkan bahwa suatu informasi bermuara pada data yang telah diproses sehingga memberi nilai tambah atau pengetahuan bagi yang menggunakannya. Suatu data yang telah diolah atau diproses menjadi suatu informasi dapat digunakan untuk menghasilkan keputusan baik keputusan jangka pendek maupun keputusan jangka panjang.

Advertisements