Dari semester 1 belajar pemrograman sudah banyak editor yang saya gunakan. Mulai dari editor rekomendasi dosen hingga editor favorit. Misalnya pada semester 1 pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Dasar dosen saya menggunakan NetBeans. Penggunaan editor itu sebenarnya pro kontra juga bagi beberapa dosen. Ada dosen yang menganjurkan editor seperti Notepad++ ada juga dosen yang menganjurkan menggunakan NetBeans dll. Sebenarnya ada yang membedakan Notepad++ dan NetBeans.

Notepad++ itu sebenarnya disebut editor dan NetBeans itu disebut IDE. Editor adalah software atau program yang digunakan untuk menyunting teks. Lebih tepatnya editor ini adalah editor source code, tapi untuk kemudahan penyebutan disebutlah editor. Kelebihan dari editor ini adalah mendukung semua bahasa pemrograman dan bahasa script. Kita cukup mengetikkan syntax dan menyimpan dengan ekstensi masing – masing maka secara otomatis editor akan mengenali bahwa syntax tersebut menggunakan bahasa pemrograman apa atau bahasa script apa. Kemudian IDE atau Integrated Development Environment adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

Suatu software atau program dikatakan sebagai IDE jika memiliki fasilitas atau kemampuan berikut.

  • Editor, yaitu fasilitas untuk menuliskan kode sumber dari perangkat lunak.

  • Compiler, yaitu fasilitas untuk mengecek sintaks dari kode sumber kemudian mengubah dalam bentuk binari yang sesuai dengan bahasa mesin.

  • Linker, yaitu fasilitas untuk menyatukan data binari yang beberapa kode sumber yang dihasilkan compiler sehingga data-data binari tersebut menjadi satu kesatuan dan menjadi suatu program komputer yang siap dieksekusi.

  • Debuger, yaitu fasilitas untuk mengetes jalannya program, untuk mencari bug/kesalahan yang terdapat dalam program.

Seiring dengan perkembagan jaman, IDE ini memiliki kemampuan lain yang tidak dimiliki oleh editor source code biasa, yaitu kemampuan untuk mengecek error sebelum program dijalankan. Bahkan ada juga beberapa IDE yang dapat memberikan saran perbaikan jika terdapat error.

Dari sekian banyak editor yang ada, ada beberapa editor dan IDE yang pernah saya coba. Karena saya banyak belajar Java maka saya hanya mencoba editor dan IDE ini menggunakan bahasa pemrograman Java. Pada semester 1 menggunakan NetBeans. Semester 2 menggunakan Java Editor, semester 3 menggunakan NetBeans lagi dan seterusnya. Pernah juga menggunakan Notepad++, Eclipse, Notepad, Sublime Text, Bracket, jEdit, VIM, gedit, BlueJ, Intellij IDEA, JCreator, dan Code::Block. Dari semua editor dan IDE yang pernah saya gunakan, saya paling tertarik dan suka menggunakan Sublime Text dan Eclipse. Untuk pembuatan atau pengembangan web berbasis PHP dan python(Django) saya menggunakan Sublime Text, sedangkan untuk website berbasis Java saya menggunakan Eclipse.

Alasan menggunakan Sublime Text adalah warna syntaxnya. Sublime memberikan warna – warna tertentu pada beberapa syntax sehingga tampilan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti. Lain halnya dengan Eclipse. Penggunaan Eclipse sangat membantu dalam mengerjakan codingan yang banyak dalam waktu yang singkat. Eclipse menyediakan shortcut untuk beberapa syntax misalnya sysout tab untuk System.out.println();. Kita tidak perlu mengetik panjang – panjang, cukup dengan mengetikkan sout kemudian langsung tab dari keyboard. Silakan cari referensi tentang shortcut Eclipse. Selain penggunaan shortcut, Eclipse juga membantu dalam menyediakan konfigurasi seperti pembuatan project web, maven, framework – framework Java (Spring, JSF, Tapestry, dll) serta server (Wildfly, JBoss, Apache, dll).

Kedua perangkat lunak ini tersedia untuk semua platform. Sublime Text dapat didownload pada link ini Sublime Text dan Eclipse dapat didownload pada link ini Eclipse. Pilihan editor atau IDE tergantung pada masing – masing programmer dan software yang akan dibuat. Misalnya jika kita ingin develop apps berbasis Android maka saran saya gunakan Android Studio meskipun kita dapat menggunakan NetBeans atau Eclipse. Untuk pembuatan aplikasi atau web berbasis HTML, CSS, PHP dan Python gunakanlah Sublime Text karena akan mempermudah dan mempercepat pengetikan. Meskipun ada editor atau IDE lain seperti Adobe Dreamweaver dan phpEditor. Untuk pembuatan software berbasis desktop gunakanlah NetBeans untuk bahasa pemrograman Java, Xamarin untuk C# dan Code::Block untuk C atau C++. Dan jika berminat atau akan membuat aplikasi untuk apple baik iOS ataupun Mac OS maka gunakanlah X-Code. Sekedar informasi, X-Code ini hanya dapat diinstall pada Mac Os.

Jadi pemilihan editor dan IDE sesuaikan dengan kebutuhan dan ketertarikan. Setiap IDE memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Tergantung apa yang akan dibuat atau dikembangkan dan bahasa apa yang akan digunakan.

Advertisements